Panduan Membudidaya Sayur Brokoli Dengan Hidroponik


Sayur Brokoli adalah tanaman sayur - sayuran yang dapat tumbuh di pegunungan. bagian yang dapat di konsumsi dari tanaman brokoli ini adalah bunganya. sayuran brokoli di indonesia sering kali di gunakan untuk membuat sayur matang maupun di gunakan untuk lalapan mentah. dengan harganya yang murah dan juga manfaat yang banyak, tentu saja banyak yang mengkonsumsi baik dari kalangan biasa maupun kalangan atas.

Tanaman brokoli ini hanya bisa kita konsumsi bagian binganya jika sudah berukuran cukup besar dan di kelilingi dedaunan tanaman brokoli. manfaat dari brokoli yang sangat mujarap adalah mencegah dari penyakit jantung dan juga membuat kesehatan mata kita tetap terjaga.

Panduan Menanam Sayuran Brokoli Dengan Hidroponik

Mempersiapkan Benih Unggul
Untuk menghasilkan panenan sayur brokoli yang berkualitas baik tentu saja membutuhkan benih yang bagus. sebaiknya untuk benih brokoli beli saja di toko pertanian, jika sudah membelinya rendam benih tersebut dengan air hangat selama 25 menit. jika terlihat ada benih yang mengapung di atas air sebaiknya di buang aja karena benih tersebut termasuk golongan benih yang jelek.

Proses Penyemaian Benih Brokoli
Persiapkan rockwool yang sudah di potong ukuran 3 x 3 cm. lalu letakkan pada tempat penyemaian, siram rockwool dengan air secukupnya saja. lubangi bagian tengah rockwool untuk penanaman benih brokolinya. untuk tiap lubang rockwool cukup memberikan 1 benih brokoli saja. setelah itu tutup dengan plastik hitam agar tidak terkena sinar matahari selama 3 hari. Setelah benih berkecambah, barulah pindahkan ke tempat yang terkena sinar matahari. Jika anda terlambat memindahkan benih biasanya aka terjadi etiolasi dan anda harus mengulang persemaian dari awal. Jika hujan, segera pindahkan bibit ke tempat yang teduh, agar bibit tidak rusak.

Proses Penanaman Tanaman Brokoli
Setelah bibit memiliki 4 daun majemuk, bibit dapat dipindahkan ke instalasi hidroponik atau hidroponik kit. Agar tanaman dapat tumbuh dengan kuat, dapat digunakan media tanam berupa sekam. Agar lebih hemat biaya, hidroponik kit-nya dapat menggunakan botol bekas kemasan minuman.

Penanaman ini sebaiknya dilakukan pada pagi atau sore hari. Cara penanaman brokoli hidroponik yaitu siapkan netpot lalu pindahkan bibit brokoli dari nampan semai ke netpot. Selanjutnya, tambahkan sekam agar tanaman tumbuh kuat. Setelah itu, masukkan pada lubang tanam yang ada pada instalasi dan jangan lupa atur kadar nutrisi dan air yang akan digunakan untuk tanaman brokoli.

Proses Pemeliharaan Tanaman Brokoli
Untuk pemeliharaan cukup dengan menyirami tanaman dengan air secukupnya dan jika terlihat ada daun yang mulai membusuk atau di serang hama segera lakukan pemotongan daun secara manual. agar hama tersebut tidak menyebar ke bungan tanaman brokoli. dan juga potong daun - daun yang sudah tua agar pertumbuhannya hanya berpusat pada bungan brokoli.

Proses Pemanenan Sayur Brokoli
Sayur brokoli siap di panen ketika umur sudah mencapai 3 bulan, itu pun tergantung dari pertumbuhan bunga brokoli. pemanenan bisa di lakukan jika bungan brokoli sudah terlihat besar dan juga berbentuk padat. untuk memanennya anda bisa melakukannya dengan cara memotong bagian tangkai bawah bunga. di sarankan memotongnya menempel bagian bawah bunga brokoli.

Cukup Tertarik kan untuk melakukan Panduan Membudidaya Sayur Brokoli Dengan HidroponikSemoga bermanfaat untuk di peraktekan. Jangan lupa ikuti terus Update terbaru dari Wacana29Sekian dan terimakasih. 
Previous
Next Post »
Thanks for your comment