Panduan Membudidaya Bunga Kenanga Cepat Berbunga

Wacana 29

Bunga kenangan adalah bunga yang memiliki cirikhas dengan harumnya yang sangat menyengat. bunga ini sering di produksi sebagai bahan utama pembuatan parfum yang di karenakan harumnya yang berbeda dari bunga yang lain. bungan ini sering tumbuh di di iklim tropis yaitu indonesia, sering kali bunga ini di tanamam di bagian depan rumah - rumah di karenakan bentuk tanamannya yang dapat di gunakan sebagai tanaman hias dan juga sebagai pengharum halaman depan rumah.

Spesipikasi Tanaman Bunga Kenanga:
  1. Tanaman dapat tumbuh subur di ketinggian 20 - 1200 mdpl.
  2. Mahkota Bunga kenanga berwarna kuning.
  3. Bunga kenanga berwarna hijau kekuningan.
  4. Bentuk bunga menggulung seperti bunga lainnya.
  5. Daun tanaman bunga kenanga panjang dan berkilau.
  6. Batang tanaman bunga kenanga berukuran besar.
  7. Tinggi tanaman bunga kenanga bisa mencapai 15 m.
Cara Membudidaya Bunga Kenanga:

Mempersiapkan Pot Untuk Menanam Bunga Kenanga

Hal pertama yang harus di lakukan tentu saja menyiapkan pot atau pun tempat untuk menanam. di sarankan agar bagian bawah pot harus ada lubangnya. kemudian siapkan tanah yang di beri sebuah pupuk organik, agar tanah dapat memadat sebaiknya siram terlebih dahulu tapi jangan terlalu banyak air. dan di sarankan menggunakan pot yang besar agar saat tanaman sudah besar tidak perlu bingung mau mengganti.

Mempersiapkan Benih Berkualitas bunga Kenanga

Untuk mendapatkan tanaman bunga kenanga yang bagus di perlukan benih yang berkualitas. agar di saat pertumbuhannya nanti tidak terjadi kecacatan yang di karenakan benih nya yang kurang bagus. Berikut ini cara agar mendapatkan benih bunga kenanga yang bagus :
  1. Memiih buah kenanga yang sudah tua dan memiliki warna kulit buah yang menghitam.
  2. Simpan buah tersebut kedalam karung dan diamkan selama 5 hari.
  3. Setelah buah melunak, ambil biji buah dengan cara memencetnya pelan - pelan.
  4. Bersihkan biji yang sudah di dapat dengan air yang mengalir.
  5. Keringkan biji selama seharian di tempat yang kering.
  6. Semai biji buah yang sudah kering ke media tanah yang sudah di campur pupuk.
Jika langkah persiapan bibit nya sudah di lakukan semua. tingga perawatan bibit dengan menyirami setiap hari sampai muncul kecambah benih. waktu yang di butuhkan agar benih bisa berkecambah kira - kira 6 - 7 hari. ketika umur bibit bunga kenanga sudah berumur 6 bulan maka bibit tersebut siap untuk di tanam di media tanam sesungguh nya. tinggi bibit ketika berumur 6 bulan bisa mencapai 25 cm dan berdaun lebat.

Proses Penanaman Bibit Bunga Kenanga di Pot
Disarankan melakukan pembibitan di sore hari ataupun di pagi hari, karena mengingat cuaca di pagi hari dan sore hari sangat bagus dan udarannya juga enak. Berikut langkah - langkah menanam bibit bunga kenanga di pot:
  1. Siapkan pot dengan ukuran yang diinginkan.
  2. Masukkan pecahan genteng / arang kayu sepertiga bagian pot.
  3. Lalu, masukkan benih bunga kenanga tepat di tengah pot.
  4. Timbun dengan media tanah sampai pot terisi penuh.
  5. Siram dengan air secukupnya agar tanah memadat.
Proses Perawatan Bunga Kenanga di Pot
Agar tanaman tetap tumbuh sehat dan berbunga banyak, sebaiknya berikan pupuk organik maupun NPK secukupnya. tapi di sarankan menggunakan takaran ada umur tiga bulan, beri pupuk NPK yang unsur Nitrogennya tinggi sebanyak setengah sendok teh per pot. Ulangi lagi pada umur 6 bulan, dengan dosis dinaikkan menjadi 1 sdt per pot, dan ulangi setiap 2 – 3 bulan sekali.

Lakukan penyiraman juga tidak perlu setiap hari, penyiraman bisa di lakukan tiap 2hari sekali. karena sifat tanaman bunga kenanga yang tidak terlalu membutuhkan air. Tanaman ini pasti akan tumbuh dengan sehat dan berbunga banyak.

Apabila semua Panduan Membudidaya Bunga Kenanga Cepat Berbunga sudah di lakukan, maka tanaman di jamin berbunga cepat dan juga menghasilkan tanaman bunga kenanga yang bagus dan indah. 

Cukup Tertarik kan untuk melakukan Budidaya Bunga Kenanga Cepat BerbungaSemoga bermanfaat untuk di peraktekan. Jangan lupa ikuti terus Update terbaru dari Wacana29. Sekian dan terimakasih. 
Previous
Next Post »
Thanks for your comment