Panduan Budidaya Buah Pir Berbuah Banyak Dengan Mudah


Buah Pir adalah buah yang memiliki kandungan air paling banyak, ketimbang buah lainnya. Selain mengandung banyak air, buah ini juga memiliki rasa manis dan masir. Di indonesia buah ini termasuk golongan buah mahal di karenakan sulit menanam buah ini. namun ada juga beberapa kota yang menjual nya dengan harga murah karena kota tersebut memiliki dataran tinggi.

Buah ini sering di olah sebagai jus buah di pinggir jalan maupun di restoran - restoran mewah. selain di buat sebagai jus buah, buah pir juga bisa sebagai jajanan manisan lainnya. Sering kali orang menganggap bahwa buah ini terjual sangat mahal di pasaran karena buah ini jarang tumbuh di sembarang tempat, padahal buah ini justru termasuk golongan buah dengan harga yang murah meriah. 

Buah Pir tidak bisa bertahan lama karena sifat buah nya yang menggandung banyak air dan tidak tahan jika terkena suhu yang tinggi. sebab itu jika ingin membeli buah ini sebaiknya segera masukkan kedalam kulkas atau pun letakkan pada tempat yang udaranya lembab atau dingin.

Di indonesia jarang kita melihat ada tanaman buah pir. karena jarang orang indonesia mengetahui Panduan Budidaya Buah Pir Berbuah Banyak Dengan Mudah. dan juga karena di indonesia iklim untuk menanam nya hanya di daerah tertentu saja. berikut Panduan Budidaya Buah Pir Berbuah Banyak Dengan Mudah :

Mempersiapkan Lahan Tanam Buah Pir
Hal pertama yang harus di lakukan ada menyiapkan lahan tanah untuk budidaya buah pir. Tanah yang kita persiapkan harus di olah terlebih dahulu. Membersihkan lahan tanah dari sampah dan tanaman liar yang ada. Setelah nya lakukan pengemburan tanah dengan cangkul maupun traktor sampai tanah benar - benar siap untuk di tanami.


Mempersiapkan Benih Unggul Buah Pir
Agar mendapatkan kualitas bibit yang bagus, sebaiknya jika ingin melakukan pembibitan. lakukan di bulan - bulan dengan cuaca tingkat dingin nya paling tinggi. di karenakan indonesia memiliki tingkat cuaca dingin yang rendah, makan sebaiknya saat sebelum bibit bertunas, lakukan penanaman di ruangan yang memiliki pengatur dingin.

Proses Penanaman  Benih Buah Pir
Saat melakukan penanaman, tanam varietas yang kompatibel satu sama lain. Tanam bibit pir atau biji buah pir pada tanah yang subur, tanah dengan kondisi yang baik dan kering. Tanah yang mendapatkan paparan sinar matahari penuh di tempat dengan sirkulasi udara yang baik saat musim tanam. Pohon buah pir seringkali tumbuh dengan ruang standar berukuran 18-25 kaki terpisah. Pohon buah pir yang kerdil hanya membutuhkan ruang 11-16 kaki terpisah.

Untuk budidaya pohon buah pir dalam wadah atau kontainer, maka sebaiknya dilakukan eliminasi tanaman dari pot. Buang akar yang tumbuh tak menentu dengan meletakkan pusat akar pada sisi yang lain. Gunakan gunting untuk memotong akar tersebut. Beda halnya untuk pohon yang dicangkok, maka posisikan dalam posisi yang jauh dari sinar matahari saat menanam. Lubang tanam dibuat beberapa inci lebih dalam dan juga lebih luas dari penyebaran akar tanaman buah pir. Atur pohon di atas gundukan kecil tanah pada tengah lubang.

Proses Perawatan Pohon Buah Pir
Untuk melakukan penyiraman sebaiknya tidak perlu setiap hari di karenakan bibit sudah berada di tempat yang dingin. cukup melakukan penyiraman secukupnya saja. dan Untuk pemupukan, lakukan 3 bulan sekali dalam waktu 1 tahun. gunakan pupuk organik saja secukupnya.

Ketika pohon sudah mencapai umur yang cukup lama yaitu 3 tahun, maka lakukan pemangkasan pada benih buah pir yang telah di tanam. karena pada umur 3 tahun, pohon sudah mulai berkembang dan membentuk batang batang inti pada pohon buah pir.

Lakukan pemangkasan cukup dengan memotong bagian ranting yang tidak perlu, agar pohon buah pir saat pembuahan dan pemanenan dapat dengan mudah kita lakukan.

Proses Pemanenan Buah Pir
Pemanenan bisa di lakukan ketika sudah berumur 3 tahun dan buah bisa di ambil pada bulan oktober karena bulan itu cuaca di indonesia sedang musim dingin. namun buah yang di hasilkan saat pemanenan kualitasnya tidak sebaik kualitas pemanenan pada negara yang memiliki iklim yang dingin. tetapi jika perawatan kita sangat baik, maka kemungkinan besar buah yang di hasilkan juga berkualitas bagus.

Cukup Tertarik kan untuk melakukan Panduan Budidaya Buah Pir Berbuah Banyak Dengan MudahSemoga bermanfaat untuk di peraktekan Jika ada pertanyaan silahkan comment di bawah. Jangan lupa ikuti terus Update terbaru dari Wacana29Sekian dan terimakasih. Sampai jumpa di artikel berikut nya.
Previous
Next Post »
Thanks for your comment