Panduan Membudidaya Buah Merah Papua Untuk Pemula dengan benar


Buah Merah Papua adalah buah yang tumbuh di daerah papua. buah ini di gunakan untuk melakukan sebuah tradisional di papua, biasanya di buat untuk menjamu para leluhur.  Untuk spesifikasi buah merah papua sebagai berikut:
  • Warna buah saat matang adalah merah marun terang.
  • Bobot buah sekitar 2 - 3 kg.
  • Diameter buah sekitar 10 - 15 cm.
  • Ukuran panjang buah sekitar 55 cm.
  • Tinggi pohon buah merah papua bisa sampai 16 meter.
  • Tinggi cabangan pohon mencapai 5 - 8 meter.
  • Akar Pohon sangat kokoh.
  • Kuncup Pohon tertutupi dengan daun buah.
Tanaman ini hanya bisa tumbuh di daerah tanah yang kurang subur dan memiliki suhu udara 25 - 30 derajat. tanaman ini cepat tumbuh bila sering terkena sinar matahari, dan juga tanah yang lembab dan memiliki banyak humus.

Baca Juga: Panduan Membudidaya Ikan Belida Cepat Panen

Panduan Membudidaya Buah Merah Papua Yang Benar

Mempersiapkan Lahan Budidaya Buah Merah
Mempersiapkan lahan yang sudah di bersihkan dari sampah ataupun semak semak yang mengganggu.  lalu gemburkan lahan dengan mencangkul tanah sedalam 15cm. dan di buat berpetak - petak dengan ukuran 10 meter. dan berikan parit di antara petak - petakan tersebut. agar dranase tanaman dapat berfungsi dengan baik. setelah melakukan pengemburan diamkan lahan selama 1 harian.

Mempersiapkan Bibit Buah Merah Berkualitas
Untuk menghasilkan buah yang bagus di saran kan bibit nya di lakukan dengan mencangkok saja. selain mempercepat panen dan juga mempercepat pertumbuhan. untuk penanaman mengguna bibit biji bisa membutuhkan waktu sekitar 5 tahun dan jika menggunakan bibit dengan cara cangkok bisa mempercepat sampai 3 tahun saja.

Proses Penanaman Buah Merah Papua
Penanaman di lakukan dengan jarak yang berjauhan sekitar 7x7meter. beri pelindung pada bibit buah merah yang baru di tanam dengan jaring ataupun sebuah pagar. lubang untuk menaroh bibit buah merah papua adalah 50cmx50cmx50cm. tanah bekas galian tadi di campur pupuk organik lalu timbun lagi tanahnya sebatas akar bibit.

Proses Pemeliharaan Buah Merah Papua
Pemeliharaan tanaman buah merah cukup berikan pupuk 3 kali dalam 1 tahun dan juga siram dengan air seperlunya saja pada awal penanaman. Untuk pemeliharaan selanjutnya pangkas bagian daun yang sudah tua agar pertumbuhan pada tumbuhan berkembang pesat.Apabila pemeliharaan dilakukan dengan baik, tanaman akan bercabang setelah berumur 2 tahun. Biasanya 6 bulan setelah muncul percabangan tanaman mulai berbuah.

Proses Pemanenan Buah Merah Papua
Buah merah papua dapat di panen sekitaran umur 10 - 15 tahun menghasilkan jumlah sampai 5 buah tiap pohon. pohon yang siap di panen  jika daun pada pohon yang membungkus buah mulai terbuka. cara memanennya bisa dengan cara pegang ujung buah laulu di putar-putar buah nya dan di tarik. buah yang sudah di panen harus segera di olah karena buah ini tidak tahan lama kira - kira tahannya cuma 5 hari.

Baca Juga: Panduan Membudidaya Bawang Bombai di Pot
Previous
Next Post »
Thanks for your comment