Panduan Membudidaya Buah Mangga Madu Cepat Berbuah Untuk Para Pemula


Pasti semua orang indonesia tau apa itu buah mangga, soalnya mangga adalah salah satu musim buah yang populer di setiap kota-kota di indonesia. kali ini kita akan membahas tentang cara membudidaya buah mangga madu.

Apasih mangga madu itu, Mangga madu adalah salah satu jenis mangga yang memiliki ciri-ciri sebagai berikut:

  • Memiliki kulit berwarna hijau cerah dengan bintik hijau dari mentah hingga matang.
  • Berukuran lebih kecil jika dibandingkan dengan jenis mangga lain.
  • Terdapat bintik madu di dalam buah apabila sudah tua dan merata apabila sudah matang.
  • Pohon mangga madu tidak terlalu tinggi dengan batang ramping dan pendek.
  • Serta memiliki daun berwarna hijau panjang dan tidak terlalu lebar. 

Cara Membudidaya Mangga Madu Di Pot

Pembibitan Buah Mangga Madu Di Pot
Untuk melakukan pembibitan mangga madu sama saja dengan  pembibitan mangga yang lainnya, pembibitan dapat dilakukan dengan berbagai cara okulasi, menyambung pucuk dan cangkok.

Kita harus memilih buah mangga dari pohon yang kualitas terbaik, kupas buah dan pisahkan bijinya lalu jemur hingga kering. Jika ingin tunas cepat tumbuh dalam waktu 2-5 minggu, buang kulit bijinya. Setelah itu, semaikan benih mangga ke media tanam yang dibuat dari campuran tanah, pasir dan sekam bakar dengan perbandingan 1:1:1 pada pot. Letakkan polybag semai pada tempat yang teduh. Lakukan penyiraman dan pemupukan secara rutin hingga muncul batang dan daun muda.

Setelah 4 minggu maka bibit dapat langsung dilakukan okulasi, sambung pucuk dengan varietas unggul sesuai keinginan. Setelah bibit mangga tumbuh normal maka bibit dapat dipindahkan ke lahan tanam yang sudah disiapkan.

Cara Menanam Mangga Madu Di Pot
Sebelum Menanam bibit hal yang harus di lakukan adalah tanah pada lahan menanam diolah terlebih dahulu. Lakukan pemupukan dasar dengan menggunakan pupuk kandang/kompos. Setelah itu, lakukan pembajakan atau pencangkulan agar tanah dan pupuk dapat tercampur dengan sempurna.

buatlah lubang tanam berukuran lebar dan kedalaman antara 50-100 cm dengan jarak tanam sekitar 5 10 m per pohon. Jika lubang tanam sudah dibuat, masukkan jerami atau sampah kering ke dalam lubang tersebut lalu dibakar dan diamkan selama 1-2 minggu.

Masukkan bibit dalam lubang tanam beserta dengan media tanam pada polybag semai, lalu timbun kembali dengan tanah dan sedikit padatkan kemudian lakukan penyiraman secukupnya.

Cara Merawat Pohon Mangga Madu Di Pot
Untuk melakukan perawatan pada Pohon mangga madu hal pertama kali adalah melakukan penyiraman seperlunya saja atau disesuaikan dengan kondisi dan cuaca lahan tanam. Lakukan penyiangan pada gulma atau tanaman pengganggu lainnya yang ada di sekitar pohon mangga agar nutrisi yang dibutuhkan untuk pertumbuhan pohon mangga tidak berebut dengan gulma tersebut.

Setelah Tanaman sudah berumur 2 bulan maka harus di lakukannya pemupukan. Pemupukan dapat dilakukan dengan menggunakan pupuk organik seperti pupuk kompos/pupuk kandang. Jika ingin lebih maksimal, pohon mangga dapat diberikan pupuk buatan seperti ZA, KCl, atau NPK.

Masa Panen Mangga Madu Di Pot
Untuk Panen Biasanya pohon mangga madu akan mulai berbunga dan berbuah setelah 3-4 tahun tanam. Pemanenan buah mangga madu biasanya dilakukan satu bulan setelah sudah berbunga.
Previous
Next Post »
Thanks for your comment