Panduan Membudidaya Buah Alpukat Mentega Cepat Panen


Buah Alpukat Mentega adalah buah yang sering sekali di konsumsi untuk menambah kebutuhan vitamin. buah ini sering di olah sebagai jus atau pun minuman dan makanan di indonesia. harganya yang relatif murah dan juga cara menanamnya yang mudah, banyak orang yang sering mengkonsumsinya.

Spesifikasi Buah Alpukat Mentega:
  • Ketinggian pohon bisa mencapai 25 meter.
  • Daun nya memiliki panjang 15 - 20 cm.
  • Biji buah alpukat mentega berukuran 4 - 5 cm.
  • Kulit buah berwarna hijau tua.
  • Permukaan pada buah tidak rata.
  • Tekstur daging buah yang lembut dan berwarna kuning.
Baca Juga: panduan menanam pohon ketapang kencana di halaman rumah
Cara Menanam Buah Alpukat Mentega

Mempersiapkan Lahan Untuk Menanam
Hal pertama yang harus di lakukan ada menyiapkan lahan tanah untuk budidaya alpukat mentega. tanah yang kita persiapkan harus di olah terlebih dahulu. membersihkan lahan tanah dari sampah dan tanaman liar yang ada. setelah nya lakukan pengemburan tanah dengan cangkul maupun traktor sampai tanah benar - benar siap untuk di tanami.

Mempersiapkan Bibit Unggul Buah Alpukat Mentega
Untuk menghasilkan panen buah alpukat mentega yang eank dan lezat, di perlukan bibit yang berkualitas baik. agar mendapatkan kualitas terbaik para petani biasanya mendapatkan bibit dengan cara cangkok. berikut cara mendapatkan benih alpukat mentega dengan cara cangkok:
  • Pilihlah cabang yang subur.
  • Tidak memiliki banyak cabang baru.
  • Tidak terlalu tua maupun muda.
  • Cabang tersebut merupakan cabang pohon indukan yang memiliki riwayat buah yang baik mulai dari rasanya.
  • Ketahanananya terhadap serangan hama dan penyakit dan lain sebagainya.
  • Setelah cabang cangkok memiliki akar.
  • Maka potonglah bagian pangkal cabang sekitar 3 cm dari cangkokan.
  • Selanjutya tanam cabang cangkok tersebut dalam polybag semai dengan terlebih dahulu penutup cangkokan dibuka. Letakkan bibit alpukat pada tempat yang teduh.
  • Lakukan penyiraman secara rutin.
  • Lakukan perawatan lainnya hingga bibit cangkok memiliki banyak akar dan dapat dipindahtanamkan pada lahan tanam.
Proses Penanaman Buah Alpukat Mentega
Ambil bibit tadi yang sudah jadi, masukkan bibit tersebut ke lubang ukuran 60cm x 60 cm. setelah bibit nya sudah dimasukkan, timbun dengan tanah bekas galian tadi sampai terlihat rata. padatkan tanah tersebut dengan menyiraminya air secukupnya. 

Proses Perawatan Pohon Alpukat Mentega
Lakukan penyiraman setiap hari pada bibit yang baru ditanam karena bibit tersebut membutuhkan banyak air. Penyiraman tersebut dilakukan setiap pagi atau sore hari dan jika hujan tidak perlu dilakukan penyiraman. Selain itu, lakukan penyiangan secara rutin pada gulma atau tanaman pengganggu lainnya yang ada disekitar tanaman alpukat.

Biasanya karena penyiraman, tanah akan memadat. Maka lakukan penggemburan pada tanah yang ada disekitar tanaman alpukat. Lakukan penggemburan ini dengan hati-hati agar akar tidak putus.

Jika cabang yang tumbuh terlalu rapat atau cabang ada yang mati maka lakukan pemangkasan. Setelah dipangkas, bagian bekas pangkas di beri fungisida agar tidak terinfeksi jamur atau penyakit.

Agar nutrisi yang dibutuhkan tanaman alpukat mentega terpenuhi, lakukan pemupukan secara teratur sebanyak 4 kali dalam setahun dengan jumlah pupuk yang diberikan bergantung pada umur tanaman. Pupuk yang biasa digunakan untuk pemupukan yaitu pupuk urea, TSP, dan KCl. Pemupukan dilakukan dengan cara dimasukan dalam lubang yang dibuat melingkar dibawah tajuk tanaman dengan kedalaman sekitar 30-40 cm.

Proses Pemanenan Buah Alpukat Mentega
Pemanenan bisa di lakukan jika umur pohon alpukat 10 - 13 tahun, bergantung juga pada perawatannya bisa saja 5 - 7 tahun pohon sudah bisa di panen jika pemeliharaan kita benar. cara memanennya cukup mudah hanya dengan memtik buah yang sudah terlihat tua. untuk buah yang masih kecil di sarankan jangan di petik terlebi dahulu karena pohon alpukat berbuah tidak langsung semuanya bisa matang. 

Cukup Tertarik kan untuk melakukan Budidaya Buah Alpukat Mentega. Semoga bermanfaat untuk di peraktekan. Jangan lupa ikuti terus Update terbaru dari Wacana29. Sekian dan terimakasih. 
Previous
Next Post »
Thanks for your comment