Panduan Membudidaya Bawang Bombai di Pot Untuk Pemula


Bawang Bmbai adalah jenis bawang yang memiliki bentuk lebih besar di bandingkan bawang lainnya dan memiliki daging yang banyak. di indonesia bawang ini disebut bawang bombai di karenakan bawang ini dahulunya di bawa oleh sekelompok pedagang dari bombai dan di jual di indonesia.

Untuk melestarikan tetap adanyanya bawang bombai sebaiknya kita menanam nya sendiri atau membudidayanya di rumah. cukup sediakan pot atau ember bekas di rumah anda sudah bisa membudidayanya di rumah. Berikut Panduan membudidaya bawang bombai di pot dengan benar:

Mempersiapkan Pot atau Tempat Untuk Menanam
Hal pertama yang harus di lakukan tentu saja menyiapkan pot atau pun tempat untuk menanam di sarankan agar bagian bawah pot harus ada lubangnya. kemudian siapkan tanah yang di beri sebuah pupuk organik, agar tanah dapat memadat sebaiknya siram terlebih dahulu tapi jangan terlalu banyak air.

Mempersiapkan Bibit Bawang Bombai Berkualitas
Untuk menghasilkan panenan bawang bombai di perlukan bibit dengan kualitas baik yaitu dari bawang bombai yang tidak cacat dan relatif tumbuh dengan cepat. setelah mendapatkan bibit nya lakukan semai an agar bibit bisa d tanam.

Proses Penanaman Bawang Bombai di Pot
Siapkan Pot yang sudah kita isi dengan media tanah lalu ambil bibit bawang bombai yang sudah kita semai tadi. masukkan bibit ke dalam pot maksimal 3 bibit untuk 1 pot dengan jarak 10cm. Bibit yang kita tanam sebaiknya jangan di tanam terlalu dalam, cukup sampai leher bibit nya.

Proses Perawatan Bawang Bombai di Pot
Merawat tanaman bawang bombai sebenarnya relatif mudah. hal pertama yang harus di lakukan adalah melihat proses pertumbuhan bibit bawang bombai. apabila sudah satu minggu ada salah satu bibit yang tidak menggalami pertumbuhan sebaiknya di ambil saja bibit nya. untuk melakukan penyiraman lakukan 2 kali sehari di pagi dan sore hari. jangan terlalu banyak air untuk menyiram. pemupukan di lakukan setiap 1 minggu sekali sampai tanaman berumur 6 minggu. cara pemupukan nya di lakukan dengan di taburkan ke atas media tanam.

Proses Pemanenan Bawang Bombai di Pot
Pemanenan Bawang Bombai di lakukan pada sore hari ketikan tanaman berusia 4 sampai 5 bulan itu juga tergantung dengan pertumbuhan nya bawang bombai. pemanenan di lakukan dengan cara di tabut di dalam pot dengan hati - hati. setelah proses pemanenan lakukan pembersihan pada bawang bombai yang sudah di jabut dengan air yang mengalir.

Baca Juga:Panduan Membudidaya Ikan Belida Cepat Panen
Previous
Next Post »
Thanks for your comment