Ini Kekurangan Hidroponik Yang Wajib Anda Ketahui

Hidroponik merupakan cara budidaya tanaman yang tidak menggunakan media tanah, sebagai gantinya tanaman hidroponik ditanam pada media air. 

Cara ini biasanya digunakan bagi mereka yang tidak memiliki banyak lahan terbuka sehingga memanfaatkan ruang yang ada untuk tetap membudidayakan tanaman. 

Baik berupa sayuran mau pun bunga.
Sistem hidroponik ini sendiri memiliki banyak sekali cara dan kategori yang bisa dibedakan dari biaya yang digunakan untuk melakukan budidaya tanaman. 

Pada umumnya, menaman tanaman menggunakan sistem hidroponik, membutuhkan biaya yang lebih besar dibanding dengan menggunakan media tanah.

Karena seperti yang kita kethaui bahwa, tanaman membutuhkan nutrisi dan juga unsur hara akro mau pun mikro yang dapat diperoleh dari tanah. 

Sementara jika menggunakan sistem hidroponik, maka air yang digunakan sebagai media tanamnya harus diberi nutrisi khusus untuk memenuhi kebutuhan tanaman.

Sementara itu, meski sistem hidroponik dipilih karena mampu mengurangi penggunaan ruang dan dapat memungkinkan untuk ditanam di mana saja, namun ketahuilah jika sistem menanam secara hidroponik ini sendiri memiliki beberapa kekurangan. 





Apa saja itu?

Berikut Ini Adalah Kekurangan Hidroponik Yang Wajib Anda Ketahui

1. Kekurangan yang dimiliki oleh sistem hidroponik yang pertama adalah, biaya investasi yang cukup banyak. Karena peralatan untuk sistem tanaman hidroponik masih terbilang mahal karena belum banyak tersedia di Indonesia. 

Terutama bagi anda yang ingin membuka budidaya tanaman hidroponik dalam skala besar, tentunya dibutuhkan biaya yang tidak sedikit. 

Sehingga bagi anda yang ingin membukan budidaya tanaman dengan menggunakan sistem hidroponik, pertimbangkan dahulu modal yang anda miliki.

2. Selain peralatan yang masih terbilang mahal, perawatannya pun juga masih sangat susah. Karena di Indonesia sendiri, sistem hidroponik masih belum banyak digunakan sehingga, untuk perawatan alat-alatnya pun masih dianggap susah dan memerlukan biaya perawatan yang cukup mahal.

3. Tidak seperti menanam dengan menggunakan media tanah, menanam menggunakan sistem hidroponik memerlukan perhatian khusus dan cukup rumit. Sehingga tidak banyak orang yang mampu berhasil dalam membudi dayakan tanaman hidroponik, karena masih kurangnya pengetahuan dan pengalaman.

Tapi meski sistem budidaya menggunakan media air ini memiliki beberapa keuntungan, tapi ada kelebihan yang bisa anda dapatkan dengan menggunakan sistem hidroponik, diantaranya Seperti hasil yang lebih banyak dan tidak memakan banyak tempat.

Penggunaan lahan yang lebih efisien,Tanaman berproduksi tanpa menggunakan tanah,Kuantitas dan kualitas produksi lebih tinggi dan lebih bersih bahkan lebih bagus,Penggunaan pupuk dan air lebih efisien, Pengendalian hama dan penyakit lebih mudah.




Previous
Next Post »
Thanks for your comment