Kenapa Minum Kopi Membuat Jantung Berdebar?

Minum kopi bisa membuat kita lebih bersemangat, menghilangkan rasa ngantuk dan juga menyegarkan pagi kita. Tapi kenapa minum kopi membuat jantung berdebar? Apa sih penyebab?.
Kopi mengandung kafein  di dalamnya yang termasuk stimulan untuk meningkatkan semangat, mencegah rasa ngantuk, serta dapat meningkatkan fungsi kinerja otak.



Seperti halnya stimulan lainnya, kafein bisa membuat jantung berdebar. Karena kafein di dalam kopi merangsang saraf pusat yang memacu aliran darah ke anggota tubuh dengan meningkatkan ritme detak jantung.

Pada beberapa kasus, efek ini hanya menimbulkan pengaruh yang sangat kecil. Namun ada beberapa orang yang sensitif terhadap efek kafein dan merasakan jantungnya berdebar kencang setelah minum kopi.

Kenapa minum kopi membuat jantung berdebar? Secangkir kopi biasanya mengandung 100 sampai 200 miligram kafein. Namun jika Anda mengonsumsi 500 miligram kafein atau setara dengan lima sampai enam cangkir kopi per harinya bisa menyebabkan nyeri di kepala, badan gemetar dan peningkatan ritme jantung.

Dalam aktifitas normal mungkin Anda tidak merasakan denyut jantung Anda, melainkan ketika sedang melakukan olahraga Anda baru merasakan peningkatan ritme detak jantung Anda. Meskipun dalam beberapa kasus hal ini tidak berbahaya, akan tetapi jika terus terjadi berulang, maka Anda perlu melakukan pemeriksaan kepada dokter.

Meningkatnya ritme detak jantung juga bisa disebabkan oleh hal yang lain, seperti anemia, tensi darah tinggi, tensi darah rendah, stress dan demam.

Sebuah penelitian yang dilakukan oleh salah satu badan organisasi kesehatan di Amerika Serikat terhadap 130.000 pria dewasa yang menguji efek minum kopi menyimpulkan bahwa mereka yang meminum 4 cangkir kopi atau lebih setiap harinya memiliki resiko 18% lebih tinggi mengalami jantung berdebar daripada yang tidak meminumnya.

Kafein juga bisa ditemukan pada kandungan teh hitam, teh hijau, teh putih, minuman berkarbonasi seperti soda, minuman berenergi, coklat, dan di beberapa bahan obat-obatan terutama obat yang berfungsi untuk mencegah rasa kantuk.

Itulah alasan kenapa minum kopi membuat jantung berdebar. Meskipun demikian, minum kopi juga ada manfaatnya bagi kesehatan lho.. salah satunya mencegah diabetes, mencegah kanker usus besar dan batu empedu. Kopi juga memiliki fungsi sebagai perlindungan terhadap penyakit hati dan penyakit parkinson.
Previous
Next Post »
Thanks for your comment