Cara Mengatasi Mabuk Saat Perjalanan

Saat Anda memutuskan untuk pergi ke suatu tempat, terkadang Anda harus melalui perjalanan yang cukup panjang. Hal tersebut tentunya membuat Anda merasa lelah, tidak jarang pula bisa menimbulkan perasaan mabuk.

Jika Anda sedang mengalami mabuk atau hendak berpergian, alangkah baiknya Anda mengetahui terlebih dahulu cara mengatasi mabuk saat perjalanan.

Cara Mengatasi Mabuk Saat Perjalanan


1. Mengalihkan Perhatian Anda pada Objek-Objek di Luar Kendaraan.

Ketika Anda sedang berada di dalam kendaraan, Anda dapat memalingkan pandangan Anda ke luar jendela. Anda bisa memusatkan perhatian terhadap objek-objek di luar kendaraan, seperti pemandangan, mobil yang melintas, orang berjalan dan sebagainya.

Sebisa mungkin menghindari aktivitas-aktivitas yang berkaitan dengan membaca buku atau fokus pada smartphone. Kegiatan tersebut dapat memperparah kondisi Anda saat mabuk.

Anda juga bisa mengurangi rasa mabuk , dengan memakan camilan asin, kue kering, permen mint dan makanan ringan lainnya, yang tidak beraroma menyengat. Jika Anda ingin menikmati perjalanan, cobalah mendengarkan musik atau bernyanyi bersama orang terdekat Anda.
Selain itu, tidur bisa menjadi cara mengatasi mabuk saat perjalanan yang paling ampuh.


2. Menjaga Sirkulasi Udara dan Suhu Ruangan Tetap Dingin.
Ruangan dingin akan membuat Anda lebih nyaman dan menghilangkan bau tidak sedap.
Menjaga sirkulasi tetap stabil, bisa dilakukan dengan menghidupkan AC atau membuka sedikit jendela mobil Anda.

3. Hindari Macet dan Jalanan Bergelombang.
Akses jalan yang bergelombang akan membuat perut Anda merasa tidak nyaman. Semakin buruk, jika tempat duduk Anda tepat di atas roda kendaraan.
Pertimbangankan pula untuk menghindari macet, agar perjalanan Anda tidak memakan waktu yang cukup lama.

4. Mencegah Dehidrasi dengan Perbanyak Minum.
Saat suhu ruangan sudah terasa dingin, Anda perlu menjaga tubuh dengan sering meminum air putih atau minuman perasa lainnya, seperti jahe dan lemon.

5. Mengambil Waktu untuk Beristirahat Sejenak.
Di sela-sela perjalanan, Anda bisa menepi sejenak dan beristirahat. Tenangkan diri Anda dengan menarik nafas panjang, lalu menghembuskannya secara perlahan-lahan.

Mabuk merupakan ketidaksesuaian antara penglihatan dengan apa yang dirasakan. Ada banyak cara mengatasi mabuk saat perjalanan, yang bisa Anda terapkan. Sebenarnya Anda dapat mencegahnya, dengan meminum jahe, lemon dan tidak terlalu banyak makan. Anda sebaiknya juga menghindari konsumsi makanan berlemak serta minuman beralkohol. Semoga beberapa tips ini bisa bermanfaat dan perjalanan Anda menjadi menyenangkan.
Previous
Next Post »
Thanks for your comment