Benarkah Tidak Boleh Berenang Setelah Makan?

Berenang merupakan kegiatan yang sangat menyenangkan bagi anak-anak dan orang dewasa. Namun, pernahkah kamu mendengar imbauan tidak boleh berenang setelah makan dan harus menunggu dulu satu jam agar makanan benar-benar dicerna secara keseluruhan.

Hal ini memang menjadi kalimat yang dipakai para orang tua untuk mengingatkan anaknya agar tidak berenang tepat setelah makan, dengan alasan  supaya perut tidak kram dan bisa menyebabkan tenggelam.

Namun terkadang mereka sendiri tidak tahu persis alasan yang sebenarnya mengenai hal ini apakah berenang setelah makan bisa menyebabkan tenggelam atau tidak, masih menjadi mitos yang belum terbukti secara ilmiah.




           Lalu benarkah tidak boleh berenang setelah makan? 


Sebuah study yang dilakukan oleh Gerald Endress, seorang ahli fisiologi dan direktur diet pusat kebugaran jasmani di Duke University, menyebutkan bahwa berenang setelah makan tidak mempengaruhi gerakan berenang secara signifikan.

Memang sebenarnya darah mengalir ke perut untuk membantu melancarkan proses pencernaan, namun hal itu tidak mengakibatkan otot Anda kehilangan energi serta kemampuannya sehingga bisa membuat Anda tenggelam.

Dari sisi medis memang membenarkan bahwa berenang terlalu semangat saat perut kenyang bisa membuat perut Anda kram.
Namun kejadian tenggelam saat berenang dengan perut kenyang kurang dari satu persen.

Tidak ada bukti kuat yang menunjukkan bahwa berolahraga tepat setelah makan berbahaya.
Memang benar saat kita melakukan olahraga berenang dengan perut kenyang bisa menyebabkan mual, hal ini dikarenakan darah yang seharusnya mengalir menuju ke are pencernaan malah akan menuju ke kulit, otot lengan serta kaki. Sehingga makanan tidak bisa tercerna secara maksimal.

Sebaiknya Anda melakukan pemanasan ringan terlebih dahulu sebelum melakukan olahraga, atau bisa istirahat sejenak saat perut terasa begah.

Pada umumnya anak-anak serta orang dewasa bisa langsung berenang setelah makan, namun juga harus dilakukan dalam intensitas yang masih wajar. Jangan sampai melakukan gerakan yang berlebihan saat berenang.

Bagaimanapun itu, peringatan orangtua kepada anaknya untuk tidak langsung berenang setelah makan tentunya mempunyai tujuan baik. Menyuruh agar Anak beristirahat sebentar supaya tidak merasakan sakit nantinya.
Previous
Next Post »

4 komentar

Click here for komentar
12 January 2018 at 15:29 ×

Aku dari dulu heran, kenapa ya semua riset tentang hal-hal yg baru terungkap bersal dari negara-negara barat (university america) dll. Apakah Org timur tdk ada stok untk itu?

atau mgkin kita org timur selalu di sibukkan dgn peperangan saudara kita (muslim) shingga lupa dan terlewatkan untuk melakukan riset.?

Wallahu 'Alam

Reply
avatar
13 January 2018 at 16:00 ×

waduh, saya sering nih , habis makan langsung renang

Reply
avatar
Galieh
admin
14 January 2018 at 01:31 ×

tapi bener kata guru olahraga saya nih,kalau mau berenang jangan makan dulu.

Reply
avatar
21 January 2018 at 18:53 ×

terimakasih atas informasinya dan jangan lupa kunjungi kami di http://rahma-store.com/ms-glow-brightening/

Reply
avatar
Thanks for your comment