Cara Menanam Tanaman Hias Anthurium

Anthurium bunga kepopuleranya mengekir kerabatnya yaitu anthurium daun. Dahulu bunga anthurium dikenal sebagai bunga potong. Sekarang, permintaan tersebut semakin naik karena maraknya pariwisata dan juga semakin populernya bunga ini dikalangan para pecinta bunga.

Dalam perkembanganya, Anthurium bunga justru disukai para pecinta tanaman hias dalam bentuk pot plant. Jadi, bukan hanya bunga potongnya saja akan tetapi seluruh tanamanya juga makin disukai. Baik untuk penghias pekarangan ataupun untuk dibudidayakan.

Di Indonesia, kebun anthurium terdapat di Lembang, Sukabumi, Cianjur, Bogor dan daerah lainya. Umumnya tanaman ini dapat mudah tumbuh serta beradaptasi dalam kisaran suhu 24-29° C. Dan juga masih bisa bertahan pada suhu 30° C.

Tanaman Hias Anthurium

Syarat tumbuh anthurium

Anthurium bunga akan optimal pertumbuhanya apabila diletakkan di tempat teduh. Meskipun ia menyukai tempat teduh, namun tetap saja ia juga membutuhkan pencahayaan sinar matahari. Hanya saja tidak sepenuhnya atau 100%. Artinya, kebutuhan cahaya mataharinya tidak terlalu tinggi.

Jadi, bila ingin membudidayakan anthurium bunga, maka siapkan lahan dan tempat yang teduh. Disamping itu tempatnya juga sebisa mungkin dibuat lembap. Karena kebutuhan kelembapan anthurium bunga ini berkisar antara 80-90%. Kelembapan yang rendah akan menyebabkan daun anthurium akan keriput dan kekuning-kuningan.

Baca juga: Menanam dan budidaya tanaman hias bunga aster

Jadi bisa dikatakan  tanaman hias anthurium ini membutuhkan naungan. Mengingat intensitas kebutuhan cahaya matahari hanya berkisar 45%. Ada bermacam-macam bahan yang digunakan untuk naungan. Misalkan, plastik UV, fiber, plastik bergelombang, dll.

Cara menanam dan budidaya anthurium

Seperti pada umumnya, jika kita ingin budidaya atau hanya sekedar menanam tanaman anthurium, maka langkah pertama yamg harus dipersiapkan ialah tempat dan media tanam.

Tempatnya bisa berbentuk pot atau langsung pada lahan tanam. Seperti kebun, atau pekarangan rumah. Yang pasti, bila ingin menggunakan tempat berupa pot, sesuaikan tanaman dengan wadahnya. Agar nantinya terlihat indah dan enak dipandang.

Untuk media tanam, bisa kita persiapkan berupa arang sekam atau sekam itu sendiri. Lalu, potongan sabut kelapa, pasir dan juga pupuk kandang. Bila ingin memakai sekam dan juga pasir, sebaiknya di ayak dan juga digoreng terlebih dahulu. Agar bakteri yang berada pada media tanam bisa mati. Untuk sekam bisa dibakar terlebih dahulu.

Baca : faktor atau hal yang harus dipersiapkan sebelum bercocok tanam

Formula atau campuran yang bisa digunakan untuk menanam tanaman hias ini ialah :

  • Sabut kelapa : sekam : arang sekam = 4 : 2 : 1
  • Sabut kelapa : arang sekam : pasir : pupuk kandang = 4 : 2 : 1 : 1
  • Sabut kelapa : sekam : pupuk kandang = 4 : 2 : 1
Selanjutnya ialah tinggal penanaman bibit. Bibit ini bisa diperoleh dari stek batang atau dari biji bunga anthurium itu sendiri.

Biji Bunga Anthurium

Jika ingin memperbanyak tanaman dari biji maka hal yang dilakukan ialah :

  • Siapkan media semai
  • Pilih buah yang sudah benar-benar masak
  • Ambil buah dari tongkolnya
  • Pencet buah untuk mengeluarkan biijinya
  • Tanam biji secara rapi paa media semai
  • Tutup semaian untuk menjaga kelembaban
  • Jika biji mulai pecah, maka tanda sudah terjadi perkecambahan
Baca juga : Cara merawat tanaman anthurium

Usahakan bibit yang akan ditanam ialah bibit yang sudah siap pindah tanam. Yaitu bibit yang berdaun minimal 5 helai. Usahakan agar perakaran tidak rusak pada saat dipindahkan. Jika perlu, basahi dulu media bibit agar mudah dikeluarkan. Tambahkan media baru seperti sekam dan lainya lalu padatkan. Dan rawatlah tanaman agar tumbuh subur.
Previous
Next Post »
Thanks for your comment