Cara Mudah Membuat Pupuk Organik Cair Sendiri

Saat ini, pupuk organik cair memang sudah banyak di gunakan oleh petani. Ada yang membeli dan ada pula yang membuat pupuk organik cair sendiri. Penggunaan pupuk organik ini sangat tepat, karena pupuk organik cair ini di samping ramah lingkungan, penggunaan pupuk organik ini berguna menghindari dampak buruk terhadap tanaman dan juga lingkungan di sekitarnya. Disamping itu, tentunya pupuk organik cair ini bersifat ekonomis, efektif, serta mudah untuk di aplikasikan.

Baca juga: Faktor penting yang harus di persiapkan sebelum bercocok tanam

Pupuk organik ini sudah banyak beredar di toko-toko pertanian. Harganya pun bervariasi, mulai dari 15.000 hingga 40.000. Pupuk organik cair ini mempunyai keunggulan yang sangat baik untuk pertumbuhan tunas, daun dan juga batang tanaman. Berbeda dengan jenis pupuk yang berbentuk padat yang cara mengaplikasinya di masukkan ke tanah area sekitar tanaman saja, pupuk organik cair ini bisa langsung di siramkan di atas tumbuhan atau daunya langsung. Karena pupuk organik cair ini memang ramah terhadap lingkungan.

Pupuk organik cair via pertanianku.com

Karena harganya yang sedikit mahal, untuk menghemat biaya dari penggunaan pupuk, maka anda bisa membuat pupuk organik cair sendiri.

Bahan dan alat yang perlu di persiapkan ialah:

  1. Kotoran domba/kambing : sekitar 67 kg
  2. Air bersih : sekitar 35 liter
  3. Ragi tape : 3 - 5 butir
  4. Tong drum ukuran volume 100 - 120 liter : 1 buah (bisa anda sesuaikan sendiri)
Cara pembuatanya:
  • Isi tong/drum dengan kotoran domba/kambing sebanyak dua pertiga bagian.
  • Taburkan 3 - 5 butir ragi tape yang sudah serbuk/halus. Jika ada, tambahkan starter/bioaktivator yang dapat di beli di pasaran.
  • Tambahkan air bersih sampai tong/drum penuh, lalu tutup.
  • Setiap hari, buka tong dan aduk cairan dalam tong selama lima menit, kemudian tutup kembali.
  • Setelah seminggu, pupuk organik cair siap di gunakan.
Aturan penggunaan

Ambil 15 cc larutan yang telah dihasilkan, lalu tambahkan air sampai satu liter. Kocok larutan hingga homogen. Dosis penggunaan oada satu tanaman sekitar 1 gelas air mineral (170-200 ml). Untuk menghasilkan tanaman yang bagus, pupuk cair ini bisa diberikan setiap satu minggu sekali.
Previous
Next Post »
Thanks for your comment