Cara Mendapatkan Uang Dari Iklan Internet

Pengin mendapatkan uang dari internet?

Internet memang telah mengubah hidup banyak sebagian orang. Khususnya, mereka yang tinggal di negara dengan infrastrukstur internet yang baik. Contohnya Swedia. Seorang warga negara Indonesia yang tinggal di Swedia menceritakan bahwa untuk mengurus surat-surat penting seperti surat izin tinggal dan membeli kebutuhan hidup sehari-hari semuanya dilakukan tanpa keluar rumah, alias menggunakan komputer dan internet dari kamarnya.

Di indonesia juga sekarang sudah hampir menyamai negara tersebut, hanya saja belum sepenuhnya sama. Lalu, bagaimana caranya kita mendapatkan bagian dari industri bisnis berbasis internet yang nilainya semakin membengkak ini? Apakah itu hanya sebatas wacana.

Baca juga: Ragam peluang usaha bisnis online

Mendapatkan uang dari iklan

Cara mendapatkan uang dari iklan internet ini dimulai dari:

  • Membangun sebuah situs.
  • Cari cara agar situs menjadi ramai.
  • Daftarkan situs ke pemasang iklan.
Untuk membangun sebuah situs kita tak harus mengeluarkan uang. Kita bisa memanfaatkan situs penyedia blog gratis dari blogspot atau wordpress. Dan jangan lupa, kunci agar situs ramai yaitu buatlah artikel berkualitas.

Kunci sebuah artikel berkualitas, tentu saja kita bisa memilih niche atau kategori blog yang sekiranya kita kuasai dan fahami. Misal kita menguasai pelajaran kesehatan, maka buatlah kategori blog tentang kesehatan. Hal ini bertujuan agar blog kita bisa abadi dan bebas copy paste karena kita sudah faham dan mudah dalam menulis artikel ke depanya. Namun, jika ingin mencoba kategory blog yang sekiranya kita tidak menguasai kita bisa ushakan rajin belajar dan mencari sumber artikel misalkan dari sebuah buku. Beberapa contoh kategori situs yang diminati dan telah sukses meraih uang dari iklan internet ialah:

Situs Berita

Pada umunya, situs berita sangat diminati oleh pemasang iklan. Mengapa? Karena tingkat kunjungan Netter ke situs berita sangat tinggi. Tidak hanya pengunjung baru, tapi juga pengunjung yang lama juga tak jarang akan membuka lagi keesokan harinya. Dengan kata lain, return visitornya sangat tinggi.

Uang Dari Iklan Situs Berita


Coba kita bayangkan, kalau biasanya kita membeli koran untuk mendapatkan berita, kita harus mengeluarkan uang sekitar 2000 perhari. Untuk menonton berita dari televisi maupun radio, kita harus menyediakan waktu untuk menonton TV.

Tapi, bagi kebanyakan orang, mereka dapat mencari berita dari media internet atau kantor secara gratis. Berita apapun bisa dicari mulai dari gosip, teknologi, sampai berita luar negeri juga tersedia.

Akibatnya, banyak dari perusahaan koran dan majalah mengeluarkan versi online untuk tayangan mereka. Contohnya Kompas.com (Harian Kompas), Bisnis.com (Harian Bisnis Indonesia) , dan lain-lain. Namun hanya ada satu yang dibuat khusus tanpa ada versi cetaknya, yaitu Detik.com.

Menurut para pengamat, sampai saat ini situs berita di Indonesia yang meraup untung terbanyak dari iklan ialah Detik.com disusul Kompas.com. Coba anda lihat, berapa banyak jumlah pemasang iklan yang ada di halaman detik.com? Situs ini pernah menyebutkan bahwa jumlah pengunjung di situs mereka bisa mencapai 5 juta orang. Tidak heran, jika banyak pemasang iklan yang berminat memasang iklan di situs ini.

Situs Search Engine

Situs lain yang diminati oleh pengiklan ialah search engine (mesin pencari). Search engine paling favorit saat ini, Google dan Yahoo adalah perusahaan search engine yang memperoleh biaya pendapatan terbesar dari iklan. Baik berupa banner maupun classified ads (iklan baris).

Bagaimana dengan search engine indonesia? Untuk yang satu ini kayaknya kita kalah saing dengan search engine raksasa tersebut. Dulu ada search engine indonesia yang cukup terkenal yaitu searchindonesia.com dan catcha.co.id (perusahaan patungan dengan malaysia). Namun karena databasenya kurang komplit, dan aksesnya cenderung lama, mereka tergusur oleh situs raksasa tersebut. Dan kini google bahkan menyediakan versi indonesianya lengkap dengan pencarian bahasa jawanya.

Situs Komunitas

Kategori situs selanjutnya yang sangat digemari pemasang iklan online ialah situs komunitas. Situs komunitas ini contohnya seperti Gmail, Yahoo, Hotmail. Pertama-tama mereka punya siasat melakukan penawaran dengan memberikan email gratis dengan kapasitas 2 gigabyte per mailbox. Lalu apa mereka tidak butuh uang?

Jangan salah! Pengguna email gratis (email berbasis web) di internet semakin meningkat jumlahnya, dan perusahaan penyedia jasanya menawarkan iklan di sela-sela ruang mailbox user. Katakanlah contohnya misal kita sedang membuka email gratisan, maka tak jarang kita akan menemukan iklan. Nah, iklan tersebut menjadi nyawa dan juga sekaligus sumber penghasilan mereka.

Situs yang tak kalah saing lagi ialah facebook.com. Facebook ini merupakan situs pertemanan sosial. Situs ini memungkinkan seseorang untuk berkomunikasi di internet antar sesama penggunanya. Sama seperti friendster.com. Tahun 2005, situs friendster ini ramai dibicarakan. Mengapa? Karena ada pihak-pihak lain yang berminat untuk membeli situs friendster ini. Bisa dibayangkan berapa uang yang akan diterima oleh pemilik situs ini. Mungkin tak akan habis 7 turunan.

Lalu, apakah kita juga harus membuat situs sama seperti mereka?

Jika kamu bertanya apakah kita harus membuat situs yang sama atau tidak, maka kamu teliti saja kemampuan kamu. Kira-kira kamu bisa tidak membuat situs besar seperti mereka? Jika tidak bisa, maka kita tinggal memanfaatkan situs-situs besar mereka untuk membuat situs kita sendiri. Untuk caranya kita bisa dimulai dari langkah berikut.

Tentukan Bisnis

Langkah pertama tentu saja menentukan bisnis kita. Jangan terpatok pada model situs search engine atau berita. Kita bisa mencari ide sendiri. Misalkan membangun sebuah situs perusahaan atau situs gosip situs olahraga atau situs bola. Yang penting usahakan situs kita bisa selalu ramai.

Nah kalau situs kita sudah ramai maka kita tinggal mencari pemasang iklan.  Atau lebih cepatnya kita bisa melamar menjadi publisher. Beberapa situs yang menyediakan untuk menjadi publisher ialah:
Jadi inti dari menjadi publisher ialah kita akan dibayar oleh pemilik iklan bila banner yang kita pasang di situs kita, itu dilihat atau diklik. Istilahnya ialah PPC (Pay Per Click), dan PPV (Pay Per View).

Promosi dan Promosi

Nah, agar situs kita bisa lebih dikenal orang, maka langkah selanjutnya ialah mengoptimalkan situs kita dan juga melakukan promosi. Cara melakukan promosi ialah dengan cara memanfaatkan situs-situs besar tadi.

Misal di google, kita bisa melalui Google Adwords atau kita juga bisa memanfaatkan situs komunitas facebook dengan cara membuat fanspage. Yang penting jangan mudah menyerah agar situs kita selalu ramai.
Previous
Next Post »

3 komentar

Click here for komentar
18 October 2017 at 01:51 ×

:'v baru denger kalau diindonesia ada search engine. Ane nyoba kunjungin ah.

Reply
avatar
Rizki Aulia
admin
19 October 2017 at 17:26 ×

Mantap gan informasi, thank gan

Reply
avatar
Blak Blakan
admin
17 March 2018 at 02:43 ×

Ada gan,sya sudh pernh buka webnya

Reply
avatar
Thanks for your comment