Bisnis Online Untuk UKM Yang Mudah Namun Menguntungkan

Yang namanya bisnis tentu perjalananya harus cepat. Sekalipun tidak cepat, akan tetapi ritme perjalananya itu stabil. Nah untuk menggapai itu semua, dalam menjalankan bisnis tentu butuh skill dan rencana yang benar-benar matang.

Dikarenakan persaingan dalam bisnis begitu ketat, maka lama kelamaan nasib pebisnis kecil lambat laun akan tertinggal dan musnah. Beruntung di indonesia sekarang ada UKM (usaha kecil menengah). UKM di indonesia memang menjadi penggerak roda ekonomi di indonesia. Ini menjadi tumpuan masyarakat seluruh indonesia.
img:tissoryindonesia.com

Dengan berkembangnya zaman, maka sekarang bisnis rata-rata di jalankan via online. Karena dengan cara online, jangkauan pemasaranya akan semakin luas dan juga menghemat waktu serta tenaga. Lalu apa saja bisnis UKM yang bisa di jalankan via online?

  • Usaha Kecil Menengah Bidang Elektronik
Kini, hampir semua masyarakat di sekitar kita menggunakan alat-alat elektronik. Mulai dari televisi, handphone, kulkas, dan lain-lain. Nah dengan banyaknya jenis elektronik juga antusias masyarakat yang tinggi terhadapa elektronik sendiri, tentu hal ini bisa kita gunakan untuk membuka lahan bisnis untuk kita.

Bisnis di bidang elektronik memang sekilas wah modalnya besar kayaknya. Tanpa modal sebenarnya pun bisa. Asalkan kita mempunyai skill, misal membuka jasa service, nah itu hanya butuh skill saja. Lalu kita bisa sebarkan jasa kita via online.

Untuk yang membutuhkan modal kita bisa mencoba usaha jual beli handphone, jual beli pulsa atau accerosiesnya, atau jual beli alat elektronik, dan yang lagi booming ialah jasa sewa kamera.
  • Usaha Kecil Menengah Bidang Fashion
Fashion ini merupakan kebutuhan pokok. Perkembangan model fashion ini juga sangat cepat. Tentu saja untuk bisnis dalam bidang ini kita harus jeli memilih model pakaian yang akan kita jual atau kita pasarkan.

Kategori dalam bidang ini juga beragam mulai dari fashion wanita , fashion pria, fashion korea, fashion muslim, fashion sport, dan lain-lain.

Nah untuk mengantisipasi mengalami kebangkrutan karena tidak laku, kita bisa memanfaatkan model bisnis online dropship. Kenapa musti dropship? Karena selaon kita bebas mengambil untung. Kita juga mudah mengelola barang kita. Apabila barang sudah tidak ngetrend, kita tinggal ganti toko lain dan cari barang yang lagi trend.

Caranya silahkan baca: Cara jadi dropshipper atau reseller

  • Usaha Kecil Menengah Bidang Kuliner
Kuliner berarti bidang ini bersangkutan dengan makanan. Yang namanya makanan itu berarti kebutuhan pokok semua orang sehari-hari. Kategori kuliner sendiri bermacam-macam mulai dari makanan ringan, makanan pokok, minuman dan lain-lain.

Bila ingin di jual online, tentu saja buatlah kemasan sebaik mungkin. Misal untuk makanan ringan bisa contoh snack garuda atau pilus. Atau cukup buat kemasan yang ada label nama produk dan buatlah sekiranya awet. Seperti geplak mbok tumpuk atau carica dieng. Untuk jenus minuman bisa contoh ale-ale, rio dan lainya.

Untuk makanan pokok bisa anda contoh mc donald atau popeye (ayam goreng). Bisa juga anda coba bisnis franchise dengan makanan serba sambal lalu di share ke grup facebook.
  • Usaha Kecil Menengah Bidang Otomotif
Yang namanya usaha kecil menengah tentu saja modal yang di pakai sedikit. Usaha di bidang otomotif ini kita tak harus menjual mobil atau motor, karena tentu saja memakai modal yang banyak.

Kita pakai saja kesempatan di bidang jasa. Misalkan jasa service baik mobil atau motor, jasa cuci mobil atau motor, dan bisa juga dengan jualan sparepart. Usaha di bidang ini rata-rata pasti laku, karena semakin mudahnya membeli mobil atau motor dengan sistim kredit.
  • Usaha Kecil Menengah Bidang Agribisnis
Agribisnis ada dua kategorinya bisa di bidang pertanian dan juga bidang peternakan. Usaha ini cocok untuk daerah pedesaan. Akan tetapi untuk usaha di bidang pertanian bisa saja dilakukan dengan menanam tanaman sayur cepat panen lahan sempit.

Pertanian di daerah kota ini bisa di lakukan dengan cara tanam sistem organik dan nantinya buah-buahan yang di panen bisa di pasarkan juga via online dengan di share ke grup facebook.

Bidang peternakan sama juga dengan bidang pertanian. Akan tetapi bila ingin mencoba peternakan di kota pilih saja ternak yang sekiranya mudah di kelola. Misal ternak burung, ternak jangkrik, atau ternak ikan. 

  • Cara pemasaran online
Cara pemasaran online untuk bagian fashion, bidang otomotif, bidang elektronik tentu saja bisa dengan mudah di pasarkan di marketplace online. Seperti Tokopedia, Lazada, Buka Lapak, dam lainya. Bisa juga sekarang yang tak kalah saing di sebarkan melalui instagram atau di grup jual beli facebook.

Bidang kuliner dan agribisnis bisa juga di sebarkan di marketplace online akan tetapi sangat jarang di temukan. Mungkin untuk bidang kuliner, hanya makanan ringan yang awet bila sekiranya di kirim dalam waktu berhari-hari. Akan lebih efisien bila berupa makanan pokok itu di pasarkan di grup jual beli facebook atau sebarkan via instagram dengan menggunakan hashtag pilihan sendiri.
Previous
Next Post »

1 komentar:

Click here for komentar
Readgasm
admin
13 October 2017 at 01:40 ×

Setuju banget, membuka usaha tidak harus menjual barang atau produk tapi dengan jasa pun bisa. Bahkan banyak yang membuka usah jasa akhirnya sukses contohnya membuka web toko online yang hanya sebagai jasa pengiklanan.

Congrats bro Readgasm you got PERTAMAX...! hehehehe...
Reply
avatar
Thanks for your comment