Apakah Investasi Bitcoin Aman?

Apa itu Bitcoin?
Bitcoin adalah mata uang digital. Jadi mata uang ini tidak berbentuk seperti mata uang yang biasa kita gunakan. Mata uang ini di ciotakan oleh Satoshi Nakamoto. Akan tetapi kepastianya samapi saat ini belum terungkap.

Bitcoin ini nilainya terus meningkat. Dilansir dari Kompas.com nilai Bitcoin saat ini mencapai 3000 US$. Berarti 1 Bitcoin setara 40 juta rupiah. Padahal 2011, nilai Bitcoin ini masih setara 10.000 rupiah.


Tempat penyimpanan Bitcoin ini dinamai dengan Wallet. Karena hanya berbentuk digital, maka Bitcoin ini hanya bisa disimpan di laptop , pc atau smarrtphone kita.

Lalu bagaimana cara mendapatlkan Bitcoin?
Untuk di Indonesia , anda bisa mendapatkan Bitcoin di www.bitcoin.co.id. Jadi, situs itu menerima penukaran Bitcoin ke bentuk rupiah atau sebaliknya. Di situs itu juga , kamu juga bisa memantau nilai tukar Bitcoin saat ini.

Berbeda dengan mata uang konvensional, Bitcoin ini bisa kita tambang. Aneh memang, kalau di pikir-pikir. Tapi memang begitu pada kenyataanya. Kita bisa menambang Bitcoin sendiri. Tempat untuk menambang Bitcoin ini ialah :

Lalu, kira-kira aman gak investasi Bitcoin?

Bila melihat nilai Bitcoin yang terus meningkat, tentu orang-orang akan terus berfikir untuk berinvestasi. Berharap buat tabungan di masa depan. Seperti layaknya kita berinveatasi emas.

Akan tetapi, menurut saya investasi Bitcoin tidaklah aman. Alasanya:
  • Tidak di akui pemerintah
Saat ini memang sudah banyak merchant yang menerima transaksi dengan menggunakan mata uang virtual ini. Dengan mata uang ini anda bisa memenuhi kebutuhan anda seperti membeli website atau pizza dan sejenisnya. Namun, sampai saat ini, mata uang ini tetap tidak diakui oleh pemerintah indonesia atau pihak Bank Indonesia.

  • Rawan terhadap kejahatan Cyber
Seperti yang terjadi beberapa bulan terakhir, dunia dihebohkan oleh serangan Wannacry. Yang tidak lain adalah meminta tebusan Bitcoin. Bisa saja , jika anda yang terkena serangan tersebut, maka dalam sekejap uang virtual anda langsung hilang. Karena uang anda hanya berupa uang digital dan tidak ada yang bisa menggantinya. Beda dengan mata uang konvensional yang berada di bawah naungan Bank Indonesia. Kita bisa melaporkan bila terjadi hal-hal yang tidak diinginkan terhadap akun atau keamanan saldo kita.

Jadi, pikirkanlah matang-matang bila anda ingin berinvestasi dengan Bitcoin.
Previous
Next Post »
Thanks for your comment