7 Tips Menjadi Reseller Dropship Tokopedia Sukses

Seperti kita ketahui, saat ini marketplace di indonesia kian semarak bukan. Tak hanya di dunia nyata, akan tetapi juga di dunia maya. Marketplace dunia maya yang saya maksud disini adalah toko online.

Di Indonesia sendiri, sudah bermacam - macam toko online yang muncul. Baik itu Buka Lapak, Tokopedia , Lazada, atau toko online lainya. Lalu, apa keuntungan kita jualan di toko online ?

Baca disini
4 Keuntungan berjualan via online

Dengan munculnya banyak toko online ini, tentu bisa menghasilkan banyak keuntungan baik bagi konsumen atau pun bagi orang yang akan menjadi pedagang sedikit. Untungnya dimana ? Untungnya kita bisa ikutan dagang dengan cara menjadi reseller atau dropship.

Nah disini saya akan membahas tentang bagaimana cara menjadi reseller atau Dropshipper di Tokopedia dan sukses.


Mungkin ada yang bertanya, mengapa harus tokopedia ?

Alasan saya memilih Tokopedia , karena disamping gratis juga Tokopedia itu persainganya ketat. Jadi mudah untuk melihat review para penjualnya.

Hal pertama yang harus kamu lakukan iyalah :

  • Memilih barang yang akan dijual
Pada gambar di atas , saya memilih fashion wanita. Alasan saya memilih Fashion wanita, karena wanita itu suka belanja, suka berdandan , dan jelas suka gonta ganti mode.

Beda halnya dengan pria, ia mungkin akan membeli baju paling cepet 2 bulan sekali. Akan tetapi bila wanita, bisa saja tiap gajian ia akan beli baju. 

  • Pilihlah barang yang lagi tren di masa sekarang dan juga murah
Kalau membicarakan gaya, tentunya mode pakaian wanita itu cepat sekali berkembang  dan berubah ya, maka dari itu anda harus pintar - pintar memilih toko atau penjual yang sekiranya produknya lagi trend di jaman sekarang.

Jangan sampai anda memilih produk yang ingin dipasarkan malah produk yang sudah lalu, atau ketinggalan jaman. Karena tentunya akan sulit untuk memasarkanya.

Murah disini dalam artian tidak murahan ya, ini untuk mengantisipasi agar kita mudah menjualnya kembali dan bisa mengambil untung sebanyak - banyaknya.

  • Pilih toko atau penjual dengan rating bagus
Rating di Tokopedia itu sangat jelas ya, maka tak heran bila banyak pedagang di Tokopedia itu mengeluh karena persainganya ketat.  Tokopedia ini menawarkan lahan bagi para penjual yang ingin bersungguh - sungguh berjualan. Akan tetapi juga harus dengan cara membeli label gold di Tokopedia sendiri, karena hasil dari label itu lah pemasukan Tokopedia yang utama.

Jadi buat para Dropshipper atau Reseller tentu sangat mudah untuk menentukan toko mana yang akan dijadikan lahan untuk berbisnis. Dengan cara bagaimana ? Ya pasti dengan cara memilih toko atau penjual yang rating bagus dan lebih banyak bintang berarti lebih bagus.

  • Lihat ulasan toko
Jadi , Tokopedia ini, setiap produk yang sudah laku itu ada ulasanya. Tentu ulasan - ulasan itu adalah dari pembeli. Bagaimana bahannya, bagaimana packingnya semua ada disana. 

Jangan hanya melihat satu produk saja. Misal dia menjual fashion wanita, kita harus melihat dari semua produk yang ia jual. Baik itu celana, kaos , jaket , atau rok mungkin. Usahakan baca semua. 





  • Lihat statistik toko
Di Tokopedia ini , juga ada statistik toko. Kapan ia online, berapa poin yang ia dapat, serta jumlah barang yang sukses dijual. Hal ini sangat penting untuk di lihat bagi para pemula yang ingin menggeluti dunia Dropshipper atau Reseller.

Karena tentu hal ini bisa menjadi pertimbangan yang matang. Jika ingin menjadi Dropshipper tentulah kita tak tahu kapan akan ada orang yang bertanya dan membeli produk kita. Maka kedisiplinan toko langganan kita juga harus diperhitungkan.

  • Pilih toko yang sama dengan wilayah kita
Tokopedia ini automatic update ongkos kirim. Jadi kemana kita akan mengirim barang yang kita jual itu sudah otomatis di Tokopedia ini. Misal pembeli dari Bandung sedangkan toko berada di DKI jakarta. Nah ini sudah otomatis terhitung.

Jadi usahakan yang punya toko satu wilayah dengan daerah tempat tinggal kita. Jadi kita tak perlu pusing - pusing lagi memikirkan berapa biaya ongkos kirim.

  • Minta ijin kepada pemilik toko
Tokopedia ini sebenarnya sudah menyediakan layanan Dropshipper. Akan tetapi, tidak semua toko itu menerima Dropshipper. Nah bila kita sembrono atau tidak meminta izin dulu ke pemilik toko, bisa bisa ketika ada yang memesan barang kita dan sudah mengirimkan uang , akan tetapi barang  tidak dikirim oleh si penjual. Hal ini tentu sangat merugikan image kita sebagai penjual atau reseller.

Bagaiman cara kita meminta izin , ya bisa dilihat di gambar utama itu ada bagian catatan serta gambar amplop. Di bagian catatan toko biasanya ada toko yang menyediakan no telpon . Atau berupa catatan khusus bagi dropshipper. Nah apabila ada catatan khusus bagi Dropshipper, artinya toko itu menerima Dropshipper. 

Lalu buat apa kita meminta izin, itu untuk menjaga keharmonisan hubungan antara kita dengan pemilik toko. Dan lagi,  jangan lupa untuk memberi full bintang kepada pemilik toko apabila barang yang kita pesan sebagai Dropshipper , sukses dikirim oleh pemilik toko. Hal ini bertujuan untuk memberi hati dan menjaga kepercayaan kita ke pemilik toko.

Kiranya cukup itu tips dari saya. Selamat mencoba dan semoga sukses selalu.
Previous
Next Post »

6 komentar

Click here for komentar
20 September 2017 at 00:45 ×

Wah makasih gan ,Artikel nya membantu sekali

Reply
avatar
Obey
admin
20 September 2017 at 01:01 ×

mantap gan ane mau coba jadi reseller nih

Reply
avatar
NH Tutorial
admin
20 September 2017 at 01:01 ×

makasih gan tips"nya... ini sangat membantu :)

Reply
avatar
20 September 2017 at 19:45 ×

Mantab Om tipsnya, saya pernah mau coba-coba jualan online. Tapi mungkin peruntungannya bukan disitu, jadi belum membuahkan hasil.

Reply
avatar
Alabama
admin
21 September 2017 at 02:13 ×

Walaupun dh bnyk pesaing, tp usaha jd dropshiper/reseller tetep menggiurkan hasilnya

Reply
avatar
Thanks for your comment