3 Kisah Inspiratif Pengusaha Sukses Indonesia

Orang sukses tak melulu langsung hidup enak. Dia biasanya fokus dalam suatu usaha dahulu. Dan juga tak langsung berhasil dalam melakoni usahanya. Jatuh bangun dalam memulai usaha itu hal yang biasa bagi pengusaha sukses. Hal yang harus di kedepankan dalam suatu usaha ialah terus melangkah dan optimis bila kelak ia pasti akan berhasil.

Dan kali ini saya akan memberikan 3 kisah inspiratif pengusaha sukses indonesia yang bisa menjadi motivasi bagi kita.

  • Bob Sadino
Bob Sadino

Bob sadino lahir di Lampung 9 maret 1933. Ia adalah seorang tamatan SMA. Dan memang lahir dari keluarga orang yang berkecukupan. Umur 19 tahun ia ditinggal oleh kedua orang tuanya lalu kemudian seluruh harta warisanya jatuh kepadanya.

Akan tetapi , buka harta warisan yang banyak yang bisa menyebabkan ia sukses. Kala itu pertama kalinya ia sempat bekerja di sebuah perusahaan Lylod jakarta yang bertempat di london. Karena tekadnya ingin hidup mandiri, ia kemudian memilih pulang ke indonesia.

Ia pulang ke indonesia membawa 2 mobil marcedes benz. Kemudian ia sewakan. Sayang , suatu ketika ia mengalami kecelakaan yang membuat mobilnya rusak parah. Kala itu ia juga tak punya uang untuk memperbaiki mobilnya. Dan kemudian ia memilih untuk menjadi tukang batu.

Menjadi tukang batu , penghasilannya pun tak seberapa. Sempat ia depresi karena hidup yang serba kekurangan, temanya menyarankan untuk mencoba memelihara ayam ras. Ia pun menyetujuinya.

Pertama kali ia memelihara 5 ayam ras. Kemudian menjadi berkembang, dan bisa menghasilkan telur yang lumayan. Telur itu kemudian ia jual kepada tetangganya yang merupakan orang asing. 

Berbekal kefasihan ia berbicara bahasa asing, maka ia pun sukses merajai market pasar. Market pasarnya ia namai "Kemchick". Sukses membuka kemchick lantas ia tak langsung puas, kemudian ia melebarkan sayap dalam usaha agribisnis.

Usaha agribisnis juga memperoleh kesuksesan. Tak cukup berhenti sampai disitu, usaha ia juga membuka lagi usaha pengolahan daging di pulo gadung yang dinamainya "Kemfood". Moto Bob Sadino ialah , "Kesuksesan itu berawal dari kegagalan".

  • Susi Pudjiastuti
Susi Pudjiastuti pengusaha ikan
Susi Pudjiastuti via indowarta.com
Ibu Susi Pudjiastuti yang kini menjadi menteri kelautan ini , lahir di Pangandaran 15 januari 1965. Ia sorang putri yang keluarganya merupakan peternak sekaligus penjual hewan, seperti sapi dan kerbau.

Saat SMP ia sudah mulai belajar bisnis. Kala itu, ia menjual pakaian dan juga bad cover. Hingga pada akhirnya, ia pun memutuskan untuk berhenti sekolah.

Lahir di lingkungan nelayan ia memilih untuk berhenti berjualan pakaian dan pindah untuk berbisnis ikan. Ia membeli ikan dari pelelangan lalu kemudian menjual ke restoran - restoran.

Pertama kali ia menawarkan ke restoran, pihak restoran tk jarang menolaknya, banyak juga yang tidak percaya akan kualitas ikan yang jual. Namun, berkat kegigihanya dalam menawarkan, lantas restoran-restoran yang dulunya tak percaya akan kualitas ikan yang ia tawarkan, kini jadi konsumen tetapnya.

Tak hanya menjual ikan, ia juga menjual lobster ke luar negeri. Hal ini terjadi karena wilayah pemasaran ikanya sudah sampai ke daerah Jakarta. Tentu saja itu semua juga berkat kegigihanya dalam hal penawaran.

Menjual lobster ke luar negeri, pertama kali ia sempat bingung. Bagaimana , cara agar lobster yang ia kirim bisa tetap segar meski memerlukan perjalanan yang berhari-hari.

Beruntung, ia mempunyai suami yang bekerja sebagai pilot. Maka, sang suami lah yang mengakomodir semuanya itu.

Pada tahun 2000, ia sempat mengajukan pinjaman kepada bank. Akan tetapi ia mengalami kendala. Barulah pada tahun 2005, pengajuan pinjamanya itu cair sebesar 470.000.000.000,-

Uang sebesar itu kemudian ia gunakan untuk membangun maskapai penerbangan, juga sekaligus membeli 2 pesawat yang berguna untuk mengembangkan bisnis yang ia geluti.
  • Rico Huang
pengusaha Rico Huang
Rico Huang via Bengawanpost.com

Rico Huang ini lahir di Jakarta 14 november 1995. Ia seorang pebisnis online yang sukses di indonesia. Lahir dari seorang keluarga sederhana yang merupakan pedagang jam.

Ia mulai merintis bisnis sejak SMA. Semua itu berawal karena ia tidak tega melihat kedua orang tuanya bekerja keras demi menghidupinya. Pertama kali ia menjual nasi uduk yang ia beli dari tetangganya. Baru kemudian ia tawarkan kepada teman-temanya sekolah. Usaha ini macet atau gagal karena pihak sekolah tidak mengijinkan muridnya berjualan di area sekolah.

Bisnis kedua yang ia jalani adalah menjual kaos polos melalui blog. Lalu kemudian ia tawarkan kepada teman - temanya. Dalam 1 bulan , ia bisa mengumpulkan uang 500.000, fldan ia pun rugi 1 juta karena tak laku saat mencoba menyetok barang.

Kemudian, ia mencoba untuk bisnis online. Dibantu saudaranya, ia menjual handphone lewat online shop. Dan hal itu membuahkan hasil.

Selama 2 tahun, ia pun bisa membuka bisnis sendiri, yaitu berjualan. Bisnis kuliner ini ialah bisnis yang ia idam-idamkan. Sayang ia mengalami kebangkrutan senilai 15 juta.

Lantas ia pun tak langsung putus asa, ia kini mencoba bisnis online di bidang aksesoris handphone yang kini diberi nama "alona gadget". Bisnis inilah yang saat ini berhasil. Dan dalam sebulan saja penghasilanya bisa mencapai 100-150 juta.
Previous
Next Post »

3 komentar

Click here for komentar
27 September 2017 at 04:26 ×

sangat menginspirasi, coba pendiri unpam bro di explore :)

Reply
avatar
27 September 2017 at 04:34 ×

Pendiri unpam ? Ok siap makasih dicari cari dulu

Reply
avatar
Krismanuel
admin
27 September 2017 at 08:26 ×

Mantap ada Bu Susi hahaha...

Reply
avatar
Thanks for your comment